METODE STAD DENGAN MEDIA KARTU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TEMA JENIS-JENIS USAHA EKONOMI MASYARAKAT
Keywords:
Kooperatif Learning, STAD, Media KartuAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan metode kooperatif learning tipe Student Team Achievemant Devision (STAD) melalui media kartu pada mata pelajaran IPS Tema Jenis-Jenis Usaha Ekonomi Masyarakat. Subjek dan tempat Penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Nasional Plus Tunas Iblam Kecamatan Beji Kota Depok sebanyak 23 peserta didik yang terdiri dari laki-laki 15 anak dan perempuan 8 anak. Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya hasil pembelajaran pra yang menggunakan metode ceramah diperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 60, yang tuntas ada 6 (26%) anak yang tidak tuntas ada 17 (74%). Pada siklus 2 nilai rata 87, peserta didik yang tuntas ada 20 (87%) anak yang tidak tuntas ada 3 (13%). Hasil evaluasi yang diperoleh dari dengan rincian. Berdasarkan data pengamatan ada 19 anak yang dapat menjawab (83%) sedangkan yang tidak dapat menjawab ada 4 peserta didik (17%). Dengan menggunakan metode Kooperatif Learning tipe STAD melalui media kartu dalam pembelajaran IPS mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyerap pelajaran karena selain peserta didik aktif dalam berdiskusi dengan teman juga menumbuhkan rasa saling kerjasama, mengutamakan kekompakan dan interaksi antar peserta didik sehingga memunculkan motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.