PERAN EKONOMI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DAN PENDAPATAN UMKM DALAM MENGHADAPI RESESI EKONOMI
Keywords:
Ekonomi Digital , Pendapatan, UMKM, Resesi EkonomiAbstract
Penggunaan aktif internet untuk pemasaran produk oleh perusahaan multinasional besar menunjukkan semakin pentingnya teknologi informasi (TI) dalam bisnis. Salah satu strategi untuk memperluas akses pasar bagi produk UKM adalah pemanfaatan teknologi informasi dalam pemasaran produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ekonomi digital berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan dan daya saing UMKM guna menghadapi resesi ekonomi. Pada penelitian ini menggunakan objek penelitian berupa sektor industry UMKM Indonesia dan pemanfaatan ekonomi digital. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang digunakan dalam menjelaskan hasil penelitian. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi pustaka dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM dapat memanfaatkan pemanfaatan digital ekonomi melalui perkembangan teknologi dengan memanfaatkan waktu dengan cara yang jauh lebih efektif. Penggunaan ekonomi digital yang dapat diaplikasikan dalam digital marketing ini dapat menjadi sarana bagi pelaku UMKM untuk memaksimalkan keuntungan. Kemampuan UMKM dalam meningkatkan pembangunan ekonomi berskala nasional terutama pada penciptaan lapangan pekerjaan dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja. Sehingga ketika perekonomian tengah mengalami resesi diharapkan UMKM dapat menjadi sector yang mampu menopang laju pertumbuhan perekonomian secara nasional.