PENGARUH PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI WARUNG DJEMBAT CIAMPEA BOGOR

Authors

  • Resa Fitriyani STIE Manajemen Bisnis Indonesia Author
  • Mohamad Muchlis Institut Teknologi dan Bisnis Visi Nusantara Author
  • Marwan Effendi STIE Manajemen Bisnis Indonesia Author

Keywords:

Persepsi harga, Keputusan pembelian, Perilaku konsumen, Usaha kuliner

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian di Warung Djembat, Ciampea, Bogor. Dalam persaingan industri kuliner yang semakin ketat, persepsi harga menjadi faktor penting dalam memengaruhi perilaku konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden yang pernah melakukan pembelian di Warung Djembat. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS versi 25 dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, regresi, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan kontribusi sebesar 55,3%. Persamaan regresi Y = 10,483 + 0,736X menunjukkan bahwa semakin positif persepsi harga, semakin tinggi keputusan pembelian konsumen. Temuan ini menyiratkan bahwa pengelolaan persepsi harga yang tepat dapat meningkatkan daya tarik dan loyalitas konsumen. Oleh karena itu, pelaku usaha disarankan untuk menyesuaikan strategi harga dengan ekspektasi dan persepsi konsumen terhadap nilai dan kualitas produk Penulisan

Published

2025-06-25

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.