IMPLEMENTASI TATA KELOLA SEKOLAH MELALUI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SMK AL BASYARIYAH BOGOR
Kata Kunci:
Manajemen Berbasis Sekolah, Kepala Sekolah, Komite Sekolah, GuruAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi, menganalisis dan mendeskripsikan tentang peran kepala sekolah, guru dan komite sekolah terhadap implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al Basyariyah Bogor. Pelaksanaan MBS di SMK Al Basyariyah Bogor terlaksana dan berjalan dengan baik sesuai dengan konsep dan teori manajemen pada MBS, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan. Kesimpulan tersebut tergambar pada kegiatan atau implementasi MBS di SMK Al Basyariyah Bogor pada; (a) peran kepala Sekolah, yaitu; kepala SMK Al Basyariyah Bogor bertanggung jawab atas terlaksananya fungsi-fungsi manajemen dengan peran mencakup; penetapan tujuan dan standar, penentuan aturan dan prosedur kerja sekolah, pembuatan rencana, dan peramalan apa yang akan terjadi untuk masa yang akan datang, dengan tujuan untuk meningkatakan mutu pendidikan; (b) peran Guru, yaitu; guru di SMK Al Basyariyah Bogor adalah mengelola proses pembelajaran sesuai kelompok belajar atau bidang studi yang dipegangnya, setiap guru memahami visi dan misi sekolah, merencanakan proses pembelajaran, mengorganisasikan bahan, siswa, mensinergikan dengan metoda dan sumber belajar yang tepat yang ia kuasai untuk meningkatkan mutu pendidikan dan sekolah; (c) peran komite sekolah dan bersama-sama dengan pihak SMK Al Basyariyah Bogor sebagai institusi melalukan perencanaan, dalam melaksanakan program, dan fungsi pendidikan untuk meningkatkan mutu sekolah.